BERANDA

Monday, February 16, 2015

RESENSI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

BAB I
IDENTITAS BUKU
Judul buku                  : Psikologi Perkembangan
Pengarang                   : Desmita
Penerbit                       : PT. Remaja Rosdakarya
Tahun terbit                 : Oktober 2013
Cetakan                       : Cetakan Kedelapan
Kota terbit                   : Jl. Ibu Inggit Garnasih No. 40, Bandung 40252
Jumlah halaman           : 285 Halaman
ISBN                           : 979-692-385-8
Buku yang ditulis oleh Desmita merupakan buku untuk memperlancar perkuliahan dan sekaligus memperkaya khasanah pengetahuan bagi para pendidik dan calon pendidik. Tujuan utama adalah agar mahasiswa memahami secara mendalam tentang Psikologi Perkembangan diantaranya dalam memahami kondisi-kondisi umat Islam yang memerlukan pendidikan secara khusus dalam kaitannya dengan upaya pendidikan di Indonesia pada umumnya.
BAB II
ISI BUKU
1.      Pengertian, hakikat, tujuan, manfaat, akar historis psikologi perkembangan dan isu-isu penting dalam psikologi perkembangan
2.      Teori dan metode psikologi perkembangan
3.      Perkembangan masa prenatal dan kelahiran
4.      Perkembangan masa bayi
5.      Perkembangan masa kanak-kanak awal
6.      Perkembangan masa pertengahan dan akhir anak-anak
7.      Perkembangan masa remaja
8.      Perkembangan masa dewasa dan tua.
BAB III
URAIAN
Psikologi perkembangan adalah cabang dari psikologi yang mempelajari secara sistematis perkembangan perilaku manusia secara ontogenetik, yaitu mempelajari proses-proses yang mendasari perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri, baik perubahan dalam struktur jasmani, perilaku, maupun fungsi mental manusia sepanjang rentang hidupnya (life-span), yang biasanya dimulai sejak konsepsi hingga menjelang mati.
Perkembangan (development) yaitu keseluruhan proses perubahan dari potensi yang dimiliki individu dan tampil dalam kualitas kemampuan, sifat dan ciri-ciri yang baru. Pertumbuhan yaitu satu pertambahan atau kenaikan dalam ukuran dari bagian-bagian tubuh atau dari organisme sebagai suatu keseluruhan, kematangan (growth) yaitu merupakan potensi yang di bawa individu sejak lahir, timbul dan bersatu dengan pembawaannya serta turut mengatur pola perkembangan tingkah laku individu. Perubahan (change) tidak memperngaruhi proses perkembangan seseorang dengan cara yang sama. Perubahan-perubahan dalam perkembangan bertujuan untuk memungkinkan orang menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana ia hidup.
Tujuan psikologi perkembangan yaitu memberikan, mengukur dan menerangkan perubahan tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat umur dan yang mempunyai ciri-ciri universal, mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan atau masa perkembangan tertentu, mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda, dan memperlajari penyimpangan dari tingkah laku yang dialami seseorang.
Manfaat psikologi perkembangan yaitu pengetahuan tentang perkembangan dapat memberikan harapan yang realistis terhadap anak dan remaja, pengetahuan tentang perkembangan dapat membantu dalam memberikan respons yang tepat terhadap perilaku anak, pengetahuan tentang perkembangan dapat membantu kita mengenal kapan perkembangan normal yang sesungguhnya dimulai, dan studi perkembangan dapat membantu kita memahami diri sendiri.
Teori perkembangan adalah teori yang difokuskan pada perubahan antar waktu (change over time). Teori perkembangan teridiri dari teori psikodinamik, teori psikoseksual freud, teori psikososial erikson, teori kognitif, teori pemrosesan informasi, teori kontekstual, teori etologis, teori ekologis, teori behavior dan belajar sosial, dan pavlov dan kondisioning klasik.
Metode penelitian psikologi perkembangan menurut Monks, Knoers, dan Haditono ada 2 yaitu pendekatan yang lebih umum dan metode yang lebih spesifik. Pendekatan yang umum diantaranya pendekatan cross-sectional, longitudinal, sekuensial, dan cross-cultural. Sedangkan metode yang lebih spesifik yaitu metode observasi, metode eksperimen, metode klinis, dan metode tes.
Perkembangan masa prenatal atau masa sebelum lahir adalah periode awal perkembangan manusia yang dimulai sejak konsepsi, yakni ketika ovum wanita dibuahi oleh sperma laki-laki sampai dengan waktu kelahiran seorang individu. Tahap- tahap perkembangan masa prenatal yaitu tahap germinal, tahap embrionik, dan tahap janin.
Kelahiran lebih difokuskan pada bagaimana pengaruhnya terhadap perkembangan pasca lahir, kondisi lingkungan pralahir, dan sejumlah faktor lain yang mempengaruhi perkembangan sebelum dan sesudah lahir. Tahap-tahap kelahiran yaitu pertama, terjadi kontraksi peranakan yang berlangsung 15 hingga 20 menit pada permulaan dan berakhir hingga 1 menit. Kedua, dimulai ketika kepala bayi bergerak melalui leher rahim dan saluran kelahiran. Ketiga, setelah bayi lahir.
Perkembangan masa bayi yaitu 2 tahun pertama dari periode pascanatal. Perkembangan fisik bayi berlangsung sangay ekstensif. Pada saat lahir bayi mempunyai anjang rata-rata 20inci atau 50 cm, dengan berat 3,4 kg. Pada masa bayi terlihat gerakan-gerakan spontan yang disebut refleks.
Perkembangan masa anak-anak awal berlangsung umur 2 tahun sampai 6 tahun. Pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi. Tinggi rata-rata anak bertumbuh 2,5 inci dan berat bertambah antara 2,5 hingga 3,5 kg setiap tahunnya. Dunia kognitif anak berkembang pesat, makin kreatif, bebas dan imajinatif.
Perkembangan masa pertengahan dan akhir anak-anak merupakan kelanjutan dalam masa awal anak-anak. Merupakan periode pertumbuhan fisik yang lambat dan relatif seragam sampai mulai terjadi perubahan-perubahan pubertas, kira-kira 2 tahun menjelang anak menjadi matang secara seksual, pada masa ini pertumbuhan berkembang pesat. Pada masa ini disebut periode tenang. Pertumbuhan koginitif anak juga mengalami pertumbuhan yang pesat.
Perkembangan masa remaja dikenal dengan istilah andolence. Batas usia remaja yang umum digunakan para ahli adalah antara 12 hingga 21 tahun. Rentang waktu usia remaja ini biasanya dibedakan atas tiga, yaitu 12-15 tahun = masa remaja awal, 15-18 tahun = masa remaja pertengahan, dan 18-21 tahun = masa remaja akhir.
Kedewasaan menurut para ahli psikolog menetapkan usia 20 tahun sebagai awal masa dewasa dan berlangsung sampai sekitar usia 40-45 dan pertengahan masa dewasa berlangsung sekitar 40-45 sampai sekitar usia 65 tahun. Pada awal dewasa kemampuan fisik mencapai puncaknya, dan sekaligus mengalami penurunan selama periode ini. Proses kognitif masa dewasa dan usia tua meliputi perkembangan pemikiran postformal pada masa dewasa individu mulai menata pemikiran opersional formal mereka. Kognitif terus berkembang selama masa dewasa. Akan tetapi, bagaimana pun tidak semua perubahan kognitif pada masa dewasa mengarah pada peningkatan potensi., perkembangan memori pada imasa dewasa dan usia tua ini mengalami penurunan dalam daya ingat, dan perkembangan intelensi pada masa dewasa dan usia tua ini terjadi kemunduran dalam intelegensi umum.


BAB IV
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU
Sebagaimana buku pokok dan buku pada umumnya, buku ini pun tidak luput dari kelebihan dan kekurangan. kelebihannya dapat menunjang pada proses belajar mengajar. Buku Psikologi Perkembangan merupakan sarana pendidikan yang berguna dan bermanfaat untuk kelancaran perkuliahan, karena buku ini dirancang dan disusun berdasarkan kebutuhan. Penulis sangat pandai dalam memilih referensi buku, tidak asal-asalan dalam mengutip, Buku ini tersusun secara sistematis sehingga memudahkan dalam membaca, Buku ini dapat menambah pengetahuan kita tentang Psikologi Perkembangan, Buku ini membantu kita untuk berpikir tentang suatu permasalahan Psikologi Perkembangan, Cover bukunya menarik. Kekurangan dalam buku ini kurang lengkapnya pembahasan yang ada didalamnya dan bahasa yang digunakan kurang efektif.


1 comment:

  1. Gambling Addiction – How to Help and Compulsive Gambling
    Find support for treatment 포항 출장샵 services 군산 출장샵 at legal 제주도 출장마사지 casinos in the United States, including online tools for problem gambling. Learn how 대전광역 출장안마 to stay  Rating: 4 · ‎3,039 광주광역 출장샵 reviews

    ReplyDelete